Jupe Ambil Hikmah Selama Latihan Mandiri

Jupe Ambil Hikmah Selama Latihan Mandiri

15 Juli 2021

BRI LIGA 1 2021-2022 PERSIB BANDUNG

BANDUNG - Persib sudah melakukan latihan mandiri sejak Liga 1 diputuskan ditunda berlanjut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali diterapkan 3 Juli. Klub ikut aturan pemerintah demi menekan angka positif Covid-19, agar kompetisi bisa secepatnya segera dimulai. 

Selalu ada hikmah, pemain senior Persib Achmad Jufriyanto tak mau merenungi timnya gagal kick-off awal Juli ini. Ia justru bisa meluangkan lebih banyak waktu bersama kedua anaknya di rumah, menemani belajar dan menjaga imun untuk berolahraga. 

“Ya mungkin hikmahnya itu, quality timenya dengan anak-anak itu lebih banyak. Terus sebenarnya juga anak-anak sekolahnya online jadi mereka jenuh, kasihan. Apalagi mereka (biasanya) dapat full day di sekolah, kadang sampai jam dua sampai jam tiga. Sekarang pas anak istirahat ya ajak game-game kecil itu main tebak-tebakan, becanda lah, petak umpet gitu di rumah sehingga mereka tidak jenuh,” papar Jupe, sapaan akrabnya.

Pemain berusia 34 tahun itu tak menemukan kendala selama menjalani program latihan mandiri. Ini bukan pertama kali ia lakukan pasalnya tahun lalu saat pertama kali Covid-19 menyerang Indonesia, ia pula berlatih sendiri. Bahkan ketika menu latihan yang diberikan pelatih kurang, dengan inisiatif sendiri sering menambah porsinya. 

“Untuk latihan tambahan ada, selain memang diberikan staf pelatih sebenarnya kalau kita menjalankan itu sudah cukup sebagai pemain, tapi terkadang kita sebagai pemain ada sesuatu di dalam diri kita yang dirasa kurang ya kita lakukan sendiri,” katanya. 

“Kalau saya karena kebetulan ada alat treadmil terus ada sebagian alat-alat gym ya saya lakukan secara mandiri secara pribadi, kadang saya itu lakukan dengan anak anak, selain menambah porsi latihan ya menambah juga memberikan mereka aktivitaslah sehingga mereka tidak jenuh di rumah,” urainya.