Masuknya Riko Jadi Kunci Sukses Persija Melaju Ke Semifinal

Masuknya Riko Jadi Kunci Sukses Persija Melaju Ke Semifinal

11 April 2021

PIALA MENPORA 2021 PERSIJA JAKARTA PS BARITO PUTERA

MALANG - Persija Jakarta sukses meraih kemenangan atas Barito Putera dengan skor 1-0 melalui gol Marko Simic pada menit ke-61 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (10/3). Hasil tersebut membuat Persija berhak mendapat tiket ke babak semifinal Piala Menpora 2021 dan akan bertemu dengan PSM Makassar.

Tentunya hasil ini disyukuri oleh pelatih Persija, Sudirman. Mengingat kemenangan ini diraih oleh timnya dengan cara yang tidak mudah. Sepanjang laga Macan Kemayoran menekan lini pertahanan Barito Putera sejak awal pertandingan. Namun, Persija tak mampu mencetak gol pada babak pertama. 

“Alhamdulilah kita menang di babak perempat final. Kemenangan ini tidak mudah mengingat untuk mendapatkan ini kita berjuang dari awal pertandingan hingga akhir ditambah lagi Barito juga lawan yang kuat dan memiliki kecepatan. Namun pemain saya bisa mengantisipasi itu dan kami bersyukur bisa lolos ke semifinal,” ujar Sudirman.

Sudirman mengaku kunci kemenangan yakni perubahan di babak kedua dengan memasukkan Riko Simanjuntak dengan menggantikan Alfriyanto Nico. Kehadiran Riko mampu membuat Persija lebih garang dan juga bisa memecah kebuntuan.

“Riko memang pemain kunci kami tapi Nico tidak kalah bagus karena dia pemain enerjik. Ini bagian dari strategi kami memasang Riko di babak kedua. Nico membuat lini belakang lawan kelelahan setelah itu kami memasukkan Riko yang lebih fresh dan itu membuahkan hasil,” tambahnya.

Selanjutnya melawan PSM, bek Timnas Indonesia di era SEA Games 1991 ini ingin membalas kekalahan di semifinal. Apalagi skuat Persija saat ini sudah komplet dengan adanya Rohit Chand dan Alfath Faathier.

“Kami pernah bertemu PSM dan waktu itu kita kalah. Kami ingin tentunya membalas kekalahan itu di semifinal nanti. Tentu saya pikir para pemain juga sudah mengerti saat menghadapi PSM dan saya harapkan saat berjumpa PSM para pemain sudah fit,” tutupnya.