PSS Bertambah Kuat Dengan Bergabungnya Eks Pelatih Persija

PSS Bertambah Kuat Dengan Bergabungnya Eks Pelatih Persija

18 Juni 2021

PIALA MENPORA 2021 PSS SLEMAN

SLEMAN - PSS Sleman kedatangan kekuatan baru, mantan pelatih Persija Jakarta, Jan Saragih secara resmi bergabung mulai musim 2021/2022. Bukan sebagi pelatih, melainkan masuk dalam struktur pengembangan tim, sebagai kepala Departemen Football Performance PSS.

Jan Saragih dipercaya untuk membantu tim pelatih dalam menganalisis performa para penggawa dalam mengarungi kompetisi. Bidang di tim Elang Jawa yang diembannya kini menjadi salah satu pilar penting dalam sebuah tim, yakni dalam sport science. 

"Tugas kami adalah untuk menjaga supaya semua performance pemain bisa terjaga dengan baik dan gap-nya tidak jauh. Sehingga ini akan memudahkan pelatih dalam memilih pemain," ungkap Jan Saragih. 

Menurutnya, analisis data dari penampilan para pemain tentu akan membantu mengetahui bagaimana jalannya pertandingan atau sesi latihan dengan lebih obyektif. Selain dari fisik, dirinya dan tim juga menganalisis para pemain dari sisi teknik dan taktikal.

"Kami akan rekam setiap latihan, nanti ada teknikal dasar pemain yang kami analisis, dan selanjutnya bisa dieksekusi di dalam game atau friendly match," bebernya.

Mantan pelatih Badak Lampung FC di Liga 1 2019 itu menambahkan bahwa evaluasi dan masukan dari hasil analisis, menjadi poin penting untuk peningkatan performa Bagus Nirwanto dan kawan-kawan.

"Setelah itu kami melaporkan ke pelatih. Pelatih juga bisa minta misalnya ingin melihat secara spesifik, nanti kami report, gambarkan dan kami transfer ke pemain yang dimaksud," tandas Jan Saragih.