Berita


Soal Format Kompetisi, Begini Pandangan Pelatih Madura United

Soal Format Kompetisi, Begini Pandangan Pelatih Madura United

01 Mei 2021

PIALA MENPORA 2021 Madura United

BOGOR - Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan turut angkat bicara merespon format kompetisi Liga 1 2021 yang tengah hangat dalam beberapa waktu terakhir. Beberapa isu yang mengemuka yakni PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi akan melaksankan kompetisi Liga 1 2021 dengan sistem tersentralisasi atau menggunakan sistem bubble.
 
Merespon hal tersebut pun, pelatih yang akrab disapa RD tersebut mengatakan ditengah pandemi Covid-19 saat ini yang paling penting adalah aktivitas sepak bola nasional dapat berjalan. Apapun format kompetisinya, dia meyakini PSSI dan juga LIB mempunyai pertimbangan yang matang.
 
“Apapun formatnya tidak masalah dalam kondisi pandemi saat ini. Yang dibutuhkan tetap aktif tapi dalam kemudahan melaksanakan protokol kesehatan Covid-19,” ujar Rahmad Darmawan.
 
Berkaca dari pelaksanaan Piala Menpora 2021 lalu yang digelar dengan protokol kesehatan yang ketat dan juga tersentralisasi di beberapa daerah yang ditunjuk oleh PSSI dan LIB, pelaksanaan turnamen pra musim tersebut dapat berjalan lancar. Selain pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat juga adanya aturan tegas soal larangan suporter hadir ke stadion, tidak berkerumun, dan menggelar nonton bareng dapat dipatuhi selama pelaksanaan turnamen.
 
Menurut Rahmad Darmawan, hal tersebut dapat menjadi acuan pada pelaksanaan kompetisi Liga 1 2021 mendatang. Terutama soal mobilitas tim yang apabila digelar secara tersentralisasi, dapat memudahkan tim karena dapat ditempuh dengan perjalanan darat. Dimana pelaksanaan  protokol kesehatan lebih mudah diawasi secara ketat selama perjalanan menggunakan transportasi darat.
 
“Gelaran turnamen piala Menpora bisa jadi acuan bagaimana harus menentukan kompetisi. Bisa dilakukan full kompetisi dengan memakai stadion-stadion yang bisa dijangkau jaraknya dengan perjalanan darat,” tandasnya.