Bojan Hodak Dan Kutukan Pelatih Asing Persib

Bojan Hodak Dan Kutukan Pelatih Asing Persib

06 Juni 2024

BRI LIGA 1 2023-2024 PERSIB BANDUNG

BANDUNG - Bojan Hodak menorehkan prestasi bersama Persib Bandung dengan menjuarai Kompetisi BRI Liga 1 2023/24. Ia telah mencatatkan sejarah sekaligus menghentikan kutukan Persib tak pernah juara jika dilatih oleh pelatih asing. Ya, Hodak satu-satunya pelatih asing yang sukses mempersembahkan gelar untuk Persib.

Baginya menjadi sebuah CV yang bagus, dirinya jadi pelatih asing pertama yang bisa juara bersama Persib. Sebelumnya Persib juara di tangan pelatih lokal Indra Thohir (1995) dan Djadjang Nurdjaman (2014). Hodak hanya berusaha memberikan instruksi yang baik dan mengarahkan pemain kepada kemenangan demi kemenangan. 

“Hal bagus, saya tidak banyak berkomentar tapi selalu bagus saat meraih sesuatu serba pertama dalam sebuah tim. Seperti sebelumnya saya pelatih pertama yang bisa membawa Persib menang melawan Bali United dan pelatih asing pertama yang bisa juara,” tutur Hodak. 

Maung Bandung disebut-sebut layak menjadi juara. Setelah finis posisi dua klasemen Regular Series, David da Silva cs bisa memanfaatkan babak Championship Series (empat besar) dengan performa maksimal. Dari empat pertandingan, Hodak mempersembahkan tiga kemenangan dan sekali imbang. 

Maka tak ayal, Hodak terpilih sebagai pelatih terbaik BRI Liga 1 2023/24. Ia merupakan pelatih tersukses meski masuk ke Persib berstatus sebagai pelatih pengganti di tengah musim menggantikan Luis Milla. 

“Tidak mudah, tapi saya rasa kami layak juara, dalam empat pertandingan terakhir, kami menang tiga kali, jadi saya pikir kami pantas. Kami adalah yang terbaik dari empat tim yang lolos ke semi final,” sebutnya.