Fisik Pemain Persija Tetap Terjaga Saat Libur

Fisik Pemain Persija Tetap Terjaga Saat Libur

21 September 2022

BRI LIGA 1 2022-2023 PERSIJA JAKARTA

DEPOK - Setelah ditahan imbang 0-0 oleh Madura United FC pada pekan ke-10 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (17/9/2022) malam, pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll memutuskan untuk mengistirahatkan timnya selama tiga hari. 

Tapi, durasi tiga hari ini bukan berarti pemain dapat berleha-leha. Pelatih fisik Persija, Paul Keenan, menyiapkan program latihan khusus untuk anak asuhnya. Dirinya ingin memanfaatkan momen ini dengan memberikan porsi latihan yang disesuaikan dengan kondisi setiap pemain. Tujuannya agar kondisi pemain siap melakukan latihan kembali mulai Rabu (21/9/2022).

"Karena ini adalah jeda pertama setelah pra-musim dan tim ini melakoni enam laga dalam empat minggu, jadi kami memutuskan untuk meliburkan pemain dalam tiga hari. Mereka memerlukan regenerasi dalam tiga hari ini. Tapi saya menyiapkan program latihan untuk setiap pemain berdasarkan kebutuhan para pemain selama hari libur,” ucap Paul.

Mantan pelatih fisik Timnas Siprus itu mengatakan program latihan dibuat karena pemain harus menyiapkan fisiknya sebelum melakukan latihan di minggu ini.

“ini semua dilakukan karena saat mereka melakukan latihan kembali di Sawangan, siklus latihan akan lebih berat dan mereka memerlukan adaptasi. Maka dari itu saya membuat program untuk para pemain. Saat hari pemulihan, program latihan pun berfungsi untuk meningkatkan respon hormonal para pemain,” katanya melanjutkan.

“Saya buat porsi latihan sesuai kebutuhan mereka, tergantung dengan menit bermain ataupun status cedera mereka. Contohnya Hansamu (Yama) hanya melakukan latihan tubuh bagian bawah karena dia sempat cedera di bagian kaki. Contoh lainnya adalah Hamra (Hehanusa) yang harus melakukan latihan seluruh tubuh karena dia belum mempunyai menit bermain dan sempat mengalami cedera pada bahunya,” ucap Paul.

Sementara itu, latihan pekan ini menjadi bagian awal dalam menyambut laga terdekat, yaitu bertandang ke markas Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Minggu (2/10/2022) pukul 20.00 WIB.