Kemenangan Perdana Sulut United Berkat Ganti Formasi

Kemenangan Perdana Sulut United Berkat Ganti Formasi

18 September 2022

LIGA 2 2022-2023 SULUT UNITED

MANADO - Sulut United FC akhirnya meraih tiga poin perdana di musim ini. Kemenangan itu datang pada pekan ke-4 Grup Timur Liga 2 2022/2023. 

Bermain di depan pendukung sendiri yang memadati Stadion Klabat, Manado, Sulut United menang dengan skor 2-0 atas Persiba Balikpapan, Sabtu (17/9) siang WIB. Dua gol diciptakan oleh Rizky Dwi Pangestu (9') dan Eksel Timothy (28').

Pelatih Sulut United Jaya Hartono membeberkan kunci kemenangan itu tidak lepas dari perubahan formasi yang dilakukannya. Dalam pertandingan tersebut, Sulut United tampil dengan formasi 4-4-2, setelah biasanya tampil dengan 4-3-3.

"Kami bisa meraih poin penuh karena adanya perubahan yang kami lakukan. Ini hasilnya signifikan. Jadi saya pakai 4-4-2 dan ini adalah sepak bola yang menyerang," ujar Jaya Hartono.

"Selama ini kan kami hanya pakai 4-3-3, jadi kami hanya punya satu striker. Akhirnya saya ubah sistem ini dengan dua striker, dan hasilnya cukup bagus," sambungnya.

Meski begitu, Jaya Hartono sempat khawatir jelang akhir pertandingan. Sebab, stamina para pemainnya sempat terkuras habis dan memungkinkan untuk dikejar oleh Persiba.

Pergantian pemain dilakukan untuk menghindari aspek kelemahan tersebut. Dia pun bersyukur pergantian pemain ini tidak mengurangi kualitas permainan yang sudah ditampilkan tim sejak awal.

"Dengan pergantian pemain yang saya lakukan, kondisi tim akhirnya tetap stabil. Kami bisa bertahan dan mempertahankan kemenangan 2-0 di kandang sendiri," katanya.

Kemenangan ini memang sangat penting bagi Sulut United. Dalam dua laga terakhir, Sulut United menelan dua kekalahan dan sempat terjerembab di papan bawah Grup Timur. Tambahan tiga poin ini setidaknya membawa Sulut United berada satu strip di atas zona degradasi.