Laga Tandang Persipura Terasa Di Rumah Sendiri

Laga Tandang Persipura Terasa Di Rumah Sendiri

01 Oktober 2022

LIGA 2 2022-2023 PERSIPURA JAYAPURA

JAYAPURA - Peristiwa unik dialami Persipura Jayapura saat hendak menjalani pekan ke-7 di Grup Timur Liga 2 2022/2023. Walaupun akan memainkan laga tandang, nyatanya tempat yang akan dipakai adalah rumah sendiri.

Persipura akan melakukan lawatan ke markas Persewar di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Sabtu (1/10) siang WIB. Stadion ini sebenarnya adalah rumah bagi Persipura selama mengarungi kompetisi di divisi teratas Liga Indonesia.

"Tim yang kami lawan nanti sementara ini bermarkas di sini. Tapi bagi Persipura, ini adalah kandang kami sendiri karena orang sudah lama kenal kalau Persipura itu ya mainnya di Mandala," ucap gelandang Persipura Jayapura Ian Louis Kabes.

Suasana stadion yang familiar ini membuat Persipura tidak terlalu terbebani. Bahkan bisa jadi, Persewar yang statusnya sebagai tuan rumah justru akan tertekan karena bermain di stadion yang berada di wilayah basis pendukung Persipura.

Pelatih Persipura Jayapura Ricky Nelson pun mengutarakan bahwa pertandingan tandang nanti tidak akan banyak berarti dari segi tekanan penonton. Sebaliknya, dia fokus pada aspek yang lebih fundamental, yaitu mengatasi strategi lawan.

"Saya merasa tidak ada beban apa-apa. Maksud saya begini, semua laga selalu kami anggap penting, termasuk laga-laga sebelumnya. Tapi karena ini adalah kandang Persipura, tidak ada rasa takut atau beban," katanya.

Walaupun lawan bermain bukan di wilayah mereka sendiri, Persewar menunjukkan bahwa mereka cepat beradaptasi. Buktinya pada pertandingan terakhir, Persewar justru berpesta 4-1 atas Putra Delta Sidoarjo.

"Saya sempat lihat pertandingan mereka waktu menang lawan PDS di sini. Saya tahu ada beberapa pemain yang harus diwaspadai. Cara main mereka juga kami pelajari. Semoga saja, kami bisa mengatasi itu di pertandingan," kata pelatih yang akrab disapa Ricky.