Lewat Behind Football, LIB Jembatani UMKM Komunitas Suporter Perserang Dengan PT Pegadaian

Lewat Behind Football, LIB Jembatani UMKM Komunitas Suporter Perserang Dengan PT Pegadaian

22 April 2024

PEGADAIAN LIGA 2 2023-24 PERSERANG SERANG

Kompetisi Pegadaian Liga 2 2023/24 memang telah usai. Namun aktivasi yang melibatkan klub peserta masih terus berjalan. Pada akhir pekan lalu, kegiatan Behind Football Pegadaian Peduli kembali berjalan, kali ini di Kota Serang, Banten. 

Perwakilan PT Liga Indonesia Baru (LIB) berkolaborasi dengan manajemen Perserang Serang dan kelompok suporter Perserang yakni Bala Singandaru (Balsing). Aktivasi hari pertama yang berlangsung Sabtu (20/4) berupa kunjungan ke beberapa UMKM yang dikelola oleh anggota komunitas suporter Perserang. Ada beberapa jenis usaha yang dikelola anggota komunitas Bala Singandaru mulai dari cukur rambut, konveksi, dan buah-buahan.

Selama ini, PT Pegadaian selaku sponsor utama kompetisi Liga 2 2023/24 memang memiliki kaitan erat dengan pengembangan UMKM. Salah satunya dengan meluncurkan produk Pinjaman Modal Produktif yang memfasilitasi pelaku usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) untuk memperoleh pinjaman.

Dari aktivasi ini, PT LIB berharap ke depannya bisa menjembatani UMKM yang dikelola suporter klub sepak bola dengan program yang dikembangkan oleh PT Pegadaian. 

"Kebetulan di kalangan kelompok suporter Perserang, ada beberapa anggota kami yang memiliki UMKM. Tentunya kami menyambut baik apabila ke depannya ada kerja sama yang bisa terjalin antara PT Pegadaian, LIB, dan komunitas suporter kami," ujar Media Officer Perserang Serang, Chandra Magga.

Setelah kunjungan ke UMKM, hari kedua Behind Football Pegadaian Liga 2 2023/24 pada Minggu (21/4) melangsungkan aktivasi penanaman pohon. Selain diikuti perwakilan PT LIB dan manajemen Perserang, kegiatan yang berlangsung di lapangan futsal Madani, Serang, juga melibatkan kelompok suporter Bala Singandaru. 

Antusiasme yang ditunjukkan oleh suporter yang hadir mendapat apresiasi dari perwakilan manajemen. "Meski musim ini kami terdegradasi, kelompok suporter tetap solid dalam memberikan dukungan untuk Perserang. Kami berharap dukungan ini terus diberikan meski musim depan kami berlaga di Liga 3, agar klub bisa segera kembali ke Liga 2," lanjut Chandra Magga.