Pelatih Mengatur Waktu Latihan Persib Saat Bulan Ramadan

Pelatih Mengatur Waktu Latihan Persib Saat Bulan Ramadan

27 Maret 2023

BRI LIGA 1 2022-2023 PERSIB BANDUNG

BANDUNG - Staf pelatih Persib Bandung menyusun program latihan selama pemain berpuasa. Mereka sudah melalui laga pertama BRI Liga 1 2022/2023 di Bulan Ramadan 1444 H dengan hasil kemenangan kontra Bhayangkara FC, Jumat (24/3). Partai selanjutnya tidak kalah penting lawan Persija Jakarta Jumat (31/3) mendatang.

Pelatih fisik Persib Yaya Sunarya menerangkan timnya mulai mempersiapkan laga di depan. Pihaknya berkoordinasi dengan dokter tim soal waktu yang tepat pemain berlatih di Bulan Ramadan ini. Waktu latihan malam dianggap paling ideal.

“Tim pelatih fisik dan dokter sudah mencoba mengantisipasi dan berbicara dengan coach termasuk pemain. Mereka menyadari bahwa latihan paling efektif itu ketika pemain tak kekurangan cairan. Jadi kita menyarankan latihan malam,” kata Yaya.

Namun, setelah berkomunikasi dengan pemain, latihan sore hari menjelang berbuka menjadi opsi. Tentu tantangannya adalah pelatih harus mengatur menu atau ritme latihan ketika pemainnya masih berpuasa.

“Tapi kita fleksibel, mencoba mencari cara yang tepat tetapi bisa memberikan manfaat untuk tim, sehingga kita bisa memanage porsi latihan malam atau sore,” paparnya.

Hal ini tentu bukan kendala, karena sebagian besar pemain sudah terbiasa melangsungkan latihan selama bulan puasa seperti musim-musim sebelumnya. Pemain Persib juga menyatakan kesiapan berlatih sore hari.

“Saya pikir pemain tidak akan kesulitan karena para pemain lokal muslim sudah sharing dan mereka menyadari kemudian siap kalau memang latihan misalnya sore atau malam, hanya kita antisipasi atau memainkan timing yang tepat untuk program latihan sore atau malam,” bebernya.