Persib Sambut Positif Sosialisasi Penggunaan VAR Di BRI Liga 1

Persib Sambut Positif Sosialisasi Penggunaan VAR Di BRI Liga 1

23 April 2024

BRI LIGA 1 2023-2024 PERSIB BANDUNG

BANDUNG - PT Liga Indonesia Baru (LIB) mulai melakukan sosialisasi Video Assistant Referee (VAR) untuk klub-klub kontestan di BRI Liga 1. Klub yang pertama mendapatkan pengarahan sosialisasi VAR tersebut adalah Persib Bandung, pada Selasa (23/4) di Graha Persib, Jl Sulanjana Bandung. Persib adalah salah satu tim yang sudah dipastikan lolos ke Championship Series BRI Liga 1 2023/24.

VAR sendiri akan mulai diterapkan di kompetisi mulai babak Championship nanti. Secara bertahap rencananya LIB juga akan melakukan sosialisasi ini kepada klub-klub lainya. Tujuan dilaksanakan sosialisasi ini adalah agar seluruh elemen di klub memahami aturan-aturan dalam penerapan VAR. 

Pelatih Persib Bojan Hodak menyambut positif langkah PSSI dan LIB untuk menggunakan VAR di dalam pertandingan kompetisi. Ini sebuah langkah maju dari sepak bola Indonesia. Sosialisasi juga dilakukan sebelumnya, berguna untuk mengedukasi pelatih-pelatih dan juga pemain yang bermain di lapangan. 

“Ini sebuah langkah yang bagus untuk mengedukasi kami, karena kadang kami juga lupa dengan beberapa peraturan, jadi ini bagus untuk memberikan keterangan-keterangan dalam penggunaan VAR, ini bisa menjelaskan beberapa hal. Presentasi ini membuat mereka bisa mengerti,” tutur Hodak.

VAR akan mengintervensi empat keputusan wasit yang memimpin pertandingan. Di antaranya gol atau tidak gol, penalti atau tidak, potensi kartu merah langsung, dan mengidentifikasi pemain. Guna menunjang itu, 10 kamera tambahan disiapkan, 13 wasit VAR dan 24 asistennya sudah mengantongi lisensi dari kursus wasit yang telah dilakukan sebelumnya. 

Victor Igbonefo pemain senior Persib menyambut sangat baik penggunaan teknologi VAR ini di Indonesia. Ia juga kini cukup mengerti bagaimana VAR itu bekerja dalam sebuah pertandingan, sehingga tak semua kejadian atau keputusan wasit bisa diperiksa lewat VAR. 

“Aku pikir ini suatu hal yang bagus di sepak bola Indonesia karena kita semua di sini setiap tahun semakin maju dan dengan adanya VAR ini adalah satu langkah baik. Harapannya semua bisa lebih direncanakan dan kita diberikan pemahaman semua harus paham dan menghargai keputusan apapun dari VAR,” papar Igbonefo.