Persik Kediri Juga Fokus Orbitkan Pemain Muda

Persik Kediri Juga Fokus Orbitkan Pemain Muda

28 Januari 2023

BRI LIGA 1 2022-2023 PERSIK KEDIRI

KEDIRI - Persik Kediri menyapu bersih 2 laga pertama putaran kedua BRI Liga 1 2022/2023. Mereka pekan ke-19 telah mengalahkan tuan rumah Bhayangkara FC (19/1) dan pekan ke-20 menang di kandang mengalahkan tim tamu Madura United FC (24/1).

Kemenangan tersebut sangat berguna untuk memperbaiki posisi di klasemen sementara. Saat ini persik berada di posisi 17 dengan 16 poin.

Pelatih Persik Kediri Divaldo Alves menegaskan selama memimpin tim memberikan ruang yang luas bagi seluruh pemain tanpa memandang usia ataupun nama besar.

“Fokus kami saat ini memang bekerja keras semaksimal mungkin, bila perlu mati-matian saat latihan atau di lapangan guna memperbaiki peringat di klasemen sementara, karena bagi saya Persik Kediri tidak pantas berada di situ. Tapi sejak awal saya juga mendukung kebijakan manajemen tim yang memberi ruang bagi pemain muda untuk berkembang,” ujar pelatih asal Portugal ini.

“Anak muda biasanya punya spirit lebih ingin membuktikan penampilannya dan perlu dibarengi dengan pemain senior di lapangan guna memberikan arahan serta bimbingan. Karena itu kita bisa lihat bagaimana pemain muda Kelly Sroyer, Abiyoso atau Rendy Juliansyah ataupun Raia Irvanza yang baru dipromosikan akan terus berkembang kedepannya, adanya pemain berpengalamam seperti Fariz Aditama, Vava Mario, Taufiq atau Dany Saputra juga sangat membantu,” tambahnya.

Termasuk beberapa nama young guns yang turut berperan bagi tim berjuluk Macan Putih. Nama-nama yang disebutkan Divaldo sendiri memang rata-rata masih  berusia muda, mulai dari Bagas Satrio (21), Jordan Zamorano (21), Sutan Zico (20), Rendy Juliansyah (20), Kelly Sroyer (20), Jimmy Aronggear (20) dan Dijwa Herlando serta Raia Irvanza.

“Persik punya banyak pemain muda potensial, tadi kita sudah bicara tentang Abiyoso, Rendy Juliansyah, Kelly Stoyer dan Raia. Namun di luar itu ada nama-nama lain seperti Jordan Zamorano, Bagas Satrio, Djiwa Herlando dan Sutan Zico, bagi saya Zico juga punya kualitas baik namun tentu harus bersabar usai pemulihan cedera, tinggal sedikit lagi sebelum kembali turun bermain,” tutur nya.

Nama Raia Irvanza sendiri disebut juga punya prospek menjanjikan sebagai salah satu striker masa depan Persik menyusul nama-nama tenar sebelumnya seperti Musikan, Yongki Aribowo, Johan Prasetyo, Budi Sunarsono ataupun Septian Bagaskara.

“Raia punya masa depan cerah dan ada potensi yang menurut saya bukan hanya untuk Persik Kediri, namun juga di timnas kelompok umur di Indonesia. Namun dia harus terus giat berlatih, sabar dan tenang. Memang dia sudah menunjukkan di U-18 EPA kemarin dengan menjadi top skor, namun kompetisi profesional akan jauh berbeda. Tetapi saya suka dengan kerja kerasnya dan saya katakan harus siap jika nanti diberikan kesempatan bermain,” pungkasnya.

Saat ini pemain berusia 17 tahun itu masuk dalam pemanggilan TC Timnas U19 untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023.