Tenaga Zulfiandi Masih Dibutuhkan Madura United

Tenaga Zulfiandi Masih Dibutuhkan Madura United

08 Agustus 2022

BRI LIGA 1 2022-2023 MADURA UNITED FC

PAMEKASAN - Zulfiandi bukan pemain sembarangan di Madura United FC. Meski sempat dibekap cedera pada musim lalu, ia tetap diandalkan oleh pelatih Fabio Lefundes.

Hal itu tampak saat pekan ke-3 BRI Liga 1 2022/2023 kala Madura United menjamu Persik Kediri di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, Sabtu (6/8) malam.

Zulfiandi diplot menjadi gelandang jangkar dalam formasi 4-2-3-1. Ia berduet dengan pemain asal Brasil Hugo Gomes alias Jaja di lini tengah tim berjuluk Laskar Sape Kerrab.

Ia dimainkan Fabio Lefundes selama 90 menit karena sangat diperlukan tim sehingga dipertahankan sampai akhir.

"Saya senang semua pemain bekerja keras. Saya juga sangat senang pilih Zul [Zulfiandi] sejak awal, dia bermain bagus sekali. Ini membuktikan kalau kami punya banyak opsi pemain," tutur pelatih asal Brasil itu.

Zulfiandi sejatinya sudah diturunkan dalam dua pertandingan terakhir Madura United. Namun ia hanya bermain sebagai pemain pengganti.

Di laga melawan PS Barito Putera, ia bermain selama 31 menit. Di pertandingan selanjutnya hanya diberi waktu lima menit jelang akhir pertandingan.

"Saya selalu minta para pemain untuk maksimal bermain saat saya pilih. Kalau mereka bisa menunjukkan hal yang maksimal, maka begitu saya pilih, dia akan bawa itu ke lapangan," ujar pelatih berusia 49 tahun.

"Zul membuktikan bahwa dia yang paling bisa menunjukkan bahwa dia bisa tampil maksimal di pertandingan yang sulit seperti ini," sambungnya.

Hal itu juga menunjukkan betapa bergantungnya pelatih berlisensi UEFA Pro itu terhadap pemain yang pernah mengantarkan timnas Indonesia U-19 juara AFF 2013.

Musim lalu, misalnya, Zulfiandi absen hampir sepanjang kompetisi. Tapi begitu sudah pulih sepenuhnya, Fabio Lefundes selalu memasang sang pemain dalam tujuh laga terakhir, meski hanya sekali bermain penuh.

"Tapi semua pemain harus tetap bekerja keras di latihan. Saya tidak akan memastikan siapa yang akan bermain di laga selanjutnya. Mereka harus terus berjuang," tandasnya.