Rilis Media


PT LIB Gelar Pertemuan Virtual Dengan Klub Liga 1 Dan Liga 2

PT LIB Gelar Pertemuan Virtual Dengan Klub Liga 1 Dan Liga 2

03 Juni 2021

PIALA MENPORA 2021

JAKARTA - Setelah izin keramaian untuk Liga 1 dan Liga 2 2021/2022 dikeluarkan dari Mabes POLRI, PT Liga Indonesia Baru (LIB) bergerak cepat. Pada Kamis (3/6), operator kompetisi sepak bola profesional tersebut langsung menggelar pertemuan secara virtual dengan semua klub Liga 1 dan Liga 2.

Pertemuan dengan peserta kompetisi dua kasta tertinggi tersebut dilakukan secara terpisah. Pertemuan pertama yang dilangsungkan pada pukul 13.30 WIB hingga 15.30 WIB, dilakukan dengan klub-klub Liga 1. Sementara dengan klub-klub Liga 2, dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Pada dua pertemuan awal tersebut, LIB menjelaskan tentang gambaran umum rencana pelaksanaan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021/2022. “Kami menginformasikan tentang aspek-aspek yang fundamental dalam pelaksanaan kompetisi. Maksudnya lebih pada hal-hal yang berkaitan dengan persiapan klub pada tahap awal,” jelas Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita.

Direktur operasional PT LIB Sudjarno menjelaskan, dalam pertemuan dengan klub-klub dari Liga 1 dan Liga 2 itu, pendapat yang diutarakan klub terbilang beragam.

Untuk klub-klub Liga 1 lebih banyak membahas terkait teknis penyelenggaraan pertandingan dan turunannya seperti yang tertuang dalam surat izin yang dikeluarkan oleh Mabes POLRI. 

“Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, kompetisi Liga 1 rencananya akan dibagi menjadi tiga cluster dan berlangsung sebanyak enam seri. Hal ini menjadi salah satu fokus pembahasan serius oleh klub-klub Liga 1. Kami memaklumi karena pada kompetisi-kompetisi sebelumnya, belum pernah ada kompetisi dengan sistem seperti musim ini. Perlu diingat bahwa kompetisi masih dilangsungkan tanpa penonton dan harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Hanya ada 299 orang yang ada di dalam stadion,” urai Sudjarno.

Sedangkan untuk pertemuan virtual dengan klub-klub Liga 2, lebih banyak menjelaskan terkait format kompetisi secara keseluruhan. 

“Kami juga menjelaskan terkait format kompetisinya yang berbeda dengan Liga 1. Kami juga menerima banyak masukan dari klub-klub Liga 2. Untuk detail lainnya, akan kami diskusikan pada pertemuan berikutnya yang akan dilakukan secara fisik atau bertemu secara langsung,” tambah Sudjarno.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto menyambut positif pertemuan awal antara PT LIB dengan klub-klub Liga 1 dan Liga 2 tersebut. 

“Esensi kompetisi adalah bersaing. Maka kami berharap semuanya bisa disiapkan dengan matang,” ucap Iwan Budianto. 

“Dari pertemuan dengan klub-klub tersebut, kami berharap LIB bisa memberikan yang terbaik dan kompetisi bisa berjalan seperti yang kita inginkan bersama,” tambah Yunus Nusi, Sekjen PSSI.