Borneo FC Rayakan Juara Regular Series BRI Liga 1 2023/24

Borneo FC Rayakan Juara Regular Series BRI Liga 1 2023/24

22 April 2024

BRI LIGA 1 2023-2024 BORNEO FC SAMARINDA

BALIKPAPAN - Borneo FC Samarinda merayakan kegembiraan setelah dinobatkan sebagai juara Regular Series BRI Liga 1 2023/24 di Stadion Batakan, Balikpapan, Minggu (21/4) malam. 

Perayaan meriah mewarnai momen penyerahan trofi juara yang disematkan oleh Prof Dr. Zainudin Amali selalu wakil ketua umum PSSI kepada kapten tim Borneo FC, Diego Michiels. Berikutnya, para pemain, staf pelatih, dan ofisial klub berjibaku dengan confetti yang menandakan kebahagiaan atas pencapaian luar biasa ini.

Sebagaimana diketahui, Kompetisi BRI Liga 1 2023/24 menerapkan format berbeda dari sebelumnya. Status juara musim ini yang juga berhak mewakili Indonesia di kompetisi Asia memang akan disematkan pada tim yang berhasil menjadi pemenang di laga puncak Championship Series. Namun, performa yang ditunjukkan seluruh klub di fase Regular Series juga tidak luput dari apresiasi.

Sebelum kompetisi dimulai, PT Liga Indonesia Baru (LIB) dengan tegas merilis adanya dua kategori kontribusi, yakni Fix Contribution dan Variable Contribution. Kontribusi yang pertama disebutkan diterima secara merata oleh 18 klub peserta BRI Liga 1 2023/24 yang juga sebagai 99 persen pemegang saham LIB.

Sementara itu, variable contribution merupakan terobosan yang dijalankan pada musim ini. Pada kategori variable contribution ini terbagi lagi dalam 3 kategori, kontribusi berdasarkan sporting merit (hasil klasemen akhir fase Regular Series), TV Rating and Share, dan pemenuhan Club Licensing.

Penghitungan koefisien yang menentukan berapa besaran yang diterima setiap klub berdasarkan variable contribution ini telah disampaikan sejak Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) LIB bulan Juni 2023 lalu. Dengan begitu, sebagai pemuncak klasemen Regular Series, tentunya Borneo Samarinda FC akan mendapatkan kontribusi paling besar dari sisi sporting merit.

"Kami mengucapkan selamat kepada Borneo FC atas pencapaian luar biasa ini," ujar Direktur Utama LIB, Ferry Paulus. "Pencapaian ini menunjukkan kerja keras dan dedikasi tim yang luar biasa."

Ferry menambahkan, bahwa format kompetisi musim ini yakni Regular Series dan Championship Series sudah dijelaskan secara gamblang kepada seluruh peserta sejak awal musim, termasuk pemberian penghargaan juara Regular Series BRI Liga 1 2023/24.

"Poin-poin ini sudah dijelaskan kepada semua klub sebelum kompetisi dimulai, jadi tidak ada yang mendadak," sambung Ferry.

Mengenai hadiah, Ferry menegaskan bahwa BRI Liga 1 2023/24 memiliki hadiah utama bagi sang juara, selain trofi juara BRI Liga 1 2023/24. Tentunya peluang itu didapatkan bagi empat klub yang lolos ke babak Championship Series.

"Kami ingin fokus pada kelancaran kompetisi dan memberikan tontonan yang menarik bagi para pecinta sepak bola di Indonesia," tandas Ferry.