Pengumuman! 8 Jurnalis Terbaik Menangkan Lomba Karya Tulis Jurnalistik BRI Liga 1 Musim 2023/24

Pengumuman! 8 Jurnalis Terbaik Menangkan Lomba Karya Tulis Jurnalistik BRI Liga 1 Musim 2023/24

10 Februari 2024

BRI LIGA 1 2023-2024

JAKARTA – Sebagai sponsor resmi Liga 1 2023/24, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah menggelar Lomba Karya Tulis Jurnalistik yang mengambil topik terkait BRI Liga 1 musim 2023/24 untuk para jurnalis. Pada 9 Februari 2023 atau bertepatan dengan Hari Pers Nasional, didapati 8 jurnalis terbaik yang menjadi pemenang.

Lomba Karya Tulis Jurnalistik BRI Liga 1 musim 2023/24 merupakan langkah BRI dalam memberikan ruang bagi insan pers Indonesia dalam mengembangkan kompetensinya. Dengan mengampanyekan #BolaPemersatuBangsa, lomba ini telah berlangsung mulai 1 Oktober 2023 – 31 Januari 2024.

Sebanyak 57 peserta telah mengirimkan karya-karya terbaiknya yang menggambarkan iklim sepak bola damai, bersatu, harmonis terutama dari sudut pandang ekonomi. Adapun 8 pemenang lomba ini berhak mendapatkan hadiah berupa Tabungan Britama dengan total nilai Rp 34 juta.

Terdapat lima kriteria penilaian untuk menentukan pemenang pada lomba ini. Pertama, Kesesuaian naskah artikel dengan tema yang diangkat, kemudian sudut pandang tulisan dan pemahaman isu, kualitas dan value artikel serta memenuhi kaidah jurnalistik, jenis tulisan merupakan original yang dilakukan secara komprehensif, serta terdapat ulasan berupa opini atau research BRI sebagai Sponsor Utama Industri sepak bola.

Manajer Media dan Komunikasi PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Hanif Marjuni senang dengan digelarnya Lomba Karya Tulis BRI Liga 1 2023/24. Sebab dari situ, pencinta Liga 1 bisa mendapatkan informasi terkait sepak bola Indonesia dari berbagai sudut pandang.

"Lomba karya jurnalistik telah menyuguhkan sajian informasi yang berbeda kepada semua pecinta BRI Liga 1 2023/24," kata Hanif Marjuni.

"Pada skala yang lebih luas, publik telah mendapatkan informasi tentang BRI Liga 1 2023/24 yang ulasannya lebih menarik, dari beragam sudut pandang, akurat, dan mendalam," tambahnya.

Hanif berharap ke depannya jurnalis olahraga, terutama para peliput sepak bola nasional akan semakin terpacu menyajikan pemberitaan-pemberitaan yang menarik dan berkualitas. Sehingga masyarakat atau pencinta sepak bola di Indonesia akan mendapatkan banyak informasi yang akurat dan tepercaya.

"Kami berharap dengan adanya lomba jurnalistik akan menjadi wadah yang tepat bagi rekan-rekan media untuk terus berkarya menghasilkan informasi atau pemberitaan ke publik yang semakin menarik, berkualitas, akurat dan in-depth," tutur Hanif.

Dengan adanya lomba yang mengangkat tema-tema tersebut memiliki pesan kuat dalam mendukung persepak bolaan nasional sebagaimana yang selama ini menjadi misi BRI. Melalui publikasi positif terhadap dampak-dampak dari digelarnya kompetisi BRI Liga 1 diyakini semakin menguatkan kepercayaan masyarakat terhadap iklim sepak bola Indonesia.

Terkait dengan hal tersebut, Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi mengucapkan selamat kepada para pemenang dan berharap lomba penulisan artikel ini menjadi sarana bagi jurnalis untuk mengembangkan karya kreatif jurnalistik yang semakin komprehensif.

"Selamat bagi para pemenang, semoga lomba ini dapat mewujudkan dukungan perseroan terhadap insan media untuk terus berkarya. Kami meyakini program ini akan memberikan multiplier effect yang kuat baik dari aspek sosial maupun ekonomi, baik bagi BRI, insan media, pecinta sepak bola, serta para pemain dan stakeholder terkait," ungkapnya.

Adapun daftar pemenang Lomba Karya Tulis Jurnalistik BRI Liga 1 musim 2023/24:
Juara 1: Muhammad Ikhsan Mahar (Kompas) Mendapatkan Tabungan Britama senilai Rp 10 juta*
Juara 2: Akmal Fauzi (Media IndonesMendapatkan Tabungan Britama senilai Rp 7,5 juta*
Juara 3: Muhammad Adi Yaksa (Bola.com) Mendapatkan Tabungan Britama senilai Rp 5 juta*
Juara 4: MA Zulfirdaus Harahap (Bola.com) Mendapatkan Tabungan Britama senilai Rp 3 juta*
Juara 5: Thomas (Liputan 6) Mendapatkan Tabungan Britama senilai Rp 2,5 juta*
Juara 6: Afdholud Dzkiry (Bola.net) Mendapatkan Tabungan Britama senilai Rp 2 juta*
Juara 7: Yova Adhiansyah (Sindonews.com) Mendapatkan Tabungan Britama senilai Rp 2 juta*
Juara 8: Mochamad Harry Prasetya (Bolasport.com) Mendapatkan Tabungan Britama senilai Rp 2 juta*
*dipotong pajak

Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi laman resmi PT Liga Indonesia Baru http://ligaindonesiabaru.com/ atau jika memiliki pertanyaan dapat menghubungi melalui email [email protected].