Kala Defender Banyak Ngoper

Kala Defender Banyak Ngoper

22 Februari 2023

BRI LIGA 1 2022-2023

Oleh: Hanif Marjuni
(Media and Public Relation Manager PT LIB)

 

MUHAMMAD Toha. Itu nama yang tertera di Daftar Susunan Pemain (DSP) pada pertandingan BRI Liga 1 2022/2023 pekan ke-25 yang mempertemukan Persita Tangerang kontra Madura United FC, Rabu pekan lalu (15/2). 

Di laga itu, peran Toha dominan. Sebagai pemain di posisi bek kanan, dia sangat disiplin. Pada babak pertama, lebih banyak berada di zona pertahanan. Jarang naik. Ia bermain lugas dan simpel.

Pada babak kedua, penampilan Toha berubah. Ia lebih ofensif. Beberapa kali naik dan melakukan umpan silang yang akurat. Ia pun tak lupa harus turun cepat untuk membantu pertahanan.

Singkatnya, pada laga yang dilangsungkan di Stadion Indomilk Arena itu, Toha menjadi salah satu pemain yang paling banyak melakukan umpan sukses. Catatan yang biasanya ditunjukkan oleh gelandang atau pemain yang terbiasa di posisi tengah. 

Jika kita mengamati pertandingan lain pada BRI Liga 1 2022/2023, ternyata tak hanya Toha yang bisa mengukir catatan seperti di atas. Masih ada defender-defender lain yang mencatatkan prestasi sama. Mereka, tak hanya lihai dalam bertahan, namun juga cukup bagus dalam melakukan umpan sukses yang secara kuantitas melebihi deretan gelandang.

Sebut saja Risto Mitresvki (Dewa United FC), Cleberson Martins (Madura United), Ondrej Kudela (Persija Jakarta), Sergio Silva (Arema FC), Lucao Gama (Persikabo 1973), Daisuke Sato (Persib Bandung), hingga Abduh Lestuluhu (Persis Solo).

Jelas, ini menjadi fakta yang menarik pada musim ini.

Direktur Teknik Indra Sjafri menyebut adanya deretan defender yang punya kemampuan umpan akurat melebihi deretan gelandang, menunjukkan adanya game plan yang berbeda pada pelatih-pelatih tim Liga 1.

Menurutnya, “Pelatih sangat memahami potensi pemain belakangnya dan menyesuaikan dengan taktik yang diinginkan. Dalam hal ini, pemain belakang itu tidak hanya bagus pada saat distribusi bola, tapi dia memiliki kemampuan dalam build up hingga direct football,” jelas Indra Sjafri, Selasa (21/2).

Penjelasan yang logis. Ujung-ujungnya, adanya deretan defender dengan umpan tepat yang banyak, melulu urusan taktik. Dalam hal ini, selalu mengikuti perkembangan zaman.

Menilik fenomena yang ada, rasanya alasan itu, sangat masuk akal. Pada saat pemain-pemain belakang itu punya catatan yang tinggi dalam urusan umpan sukses, mereka memang diberikan peran lebih. Mereka tak hanya fokus dalam bertahan. Namun, andil besar saat harus menyerang.

Tengok performa Kudela, misalnya. Di Persija, dia tidak hanya menjelma sebagai bek yang bagus dalam man to man, tapi ia juga lihai ketika build up. Berbekal pengalamannya, bek asal Rep. Ceko itu punya kemampuan lebih pada saat membangun serangan dari belakang. Tak cuma itu, bek berumur 35 tahun itu juga bagus pada saat harus mengorganisir serangan balik yang cepat.

Cermati juga performa Abduh Lestaluhu, bek Persis Solo.  Saat bertahan, ia taktis. Distribusi bola lancar dan paham ketika harus membangun serangan. Saat naik dan harus melakukan umpan silang, ia bisa menjalaninya dengan baik.

Bisa jadi, sampai dengan akhir musim nanti, akan banyak deretan pemain belakang yang punya akurasi umpan dalam jumlah yang banyak. Bukannya apa-apa, taktik yang dimunculkan beberapa pelatih, sangat memungkinkan itu bakal terjadi. 

Jika itu benar-benar terjadi, makin banyak kemungkinan-kemungkinan yang akan bermunculan. Termasuk, kemungkinan tren kecenderungan permainan tim pada musim depan. Satu lagi, kemungkinan lain, deretan defender yang masuk dalam kategori tersebut, harganya bakal melesat pada musim mendatang.

Daftar 10 Defender dengan Umpan Sukses Terbanyak (Dihitung hingga pekan ke-25 BRI Liga 1 2022/2023):

No Nama Klub Umpan Sukses Rata-rata Per Laga
1 Risto Mitrevski Dewa United FC 1030 41,2
2  Muhammad Toha Persita Tangerang 1011 42,3
3 Cleberson Martins Madura United FC 902 36,8
4 Ondrej Kudela Persija Jakarta 868 36,2
5 Sergio Silva Arema FC 843 36,6
6 Dias Angga Dewa United FC 842 36,6
7 Reva Adi Madura United FC 826 34,4
8 Lucas Gama Persikabo 1973 794 37,8
9 Daisuke Sato Persib Bandung 793 36,5
10 Abduh Lestaluhu Persis Solo 777 37,5